Jumat, 01 Februari 2019

Mengapa MENGELUH Dilarang Keras Olehku

"MENGELUH saja TIDAK BOLEH, emang ada yang MELARANG..!! Tinggal dengerin orang mengeluh saja TIDAK KUAT, pakai acara melarang segala"

Seperti itu kadang kalimat yang akan keluar saat Anda mengingatkan orang lain untuk TIDAK MENGELUH...

Dalam Prinsipku sebenarnya, saat ada orang mengeluh di depan ku, pasti langsung aku SIKAT panjang dan lebar pakai BANYAK KALIMAT.... Kenapa..??

PERTAMA, itu tidak baik buat yang MENGELUH dan berefek jelek juga buat yang mendengarkan kalau TIDAK STABIL secara psikologis atau keimanannya... Semua hal yang terjadi PASTI akan berefek pada diri seorang manusia, pola pikir NEGATIF tanpa disadari pun akan beribas pada yang mendengengarkannya tanpa disadari...

KEDUA, Apapun yang meluncur lewat PIKIRAN, Prasangka (hati), apalagi sampai terucapkan dalam bentukan KELUH-KESAH adalah sebuah DOA yang tidak disadari diminta. Bayangkan saja berapa banyak doa kita yang tanpa kita sadari malah meminta KEBURUKAN untuk diri kita sendiri, Naudzubillahimindzalik...

KETIGA, Keluh-kesah sebenarnya sebuah PERTANDA bahwa Anda merupakan pribadi yang LEMAH, RENDAH, CEPAT MENYERAH. dan Anda membawa lingkungan Anda ke arah yang sama saat berkeluh kesah pada yang lainnya.

KEEMPAT, Anda sudah KUFUR NIKMAT saat Anda MENGELUH (Firman Allah ...dan barangsiapa yang kufur akan nikmat-KU, sesungguhnya Adzab-KU amatlah pedih). Masalah dalam hidup adalah wajar apapun bentuk dan level masalahnya, dan masalah ada bukan untuk DIKELUHKAN tapi DISELESAIKAN kalau sanggup atau DITINGGALKAN kalau tidak bisa terselesaikan. Masalah ada untuk dicari solusi dan dikerjakan solusinya. Berembug tentang suatu masalah untuk mencri solusi ITU BENAR karena itu tindakan mencari jalan keluar, tapi mengeluhkan masalah adalah KUFUR NIKMAT namanya.

Kalau mengikut PRINSIP yang aku pegang, sebenarnya aku WAJIB meninggalkan orang-orang yang suka BERKELUH-KESAH. Kenapa..?? Aku sendiri bukanlah orang BENAR, bukan orang yang SANGAT KUAT sehingga sanggup tetap benar. Aku paling takut jadi terikut golongan orang-orang yang KUFUR padahal ALLAH sudah menunjukkan kepadaku BEGITU BANYAK NIKMAT yang sudah dilimpahkan kepadaku dan keluargaku. Pantaskah aku MENGELUH..!!

#SelfReading - Desember 2018

by: Rudi R bin Sunarto (2018)


EmoticonEmoticon