Jumat, 14 September 2018

Menguji Beberapa Produk Test Kit Lokal untuk Uji Cepat Formalin dan Boraks

Artikel ini dibuat sebagai bahan referensi buat siapa saja yang akan membeli produk Test Kit dengan merk LOKAL.

Ada beberapa test kit yang saya coba pakai sebagai bahan percobaan. Test Kit Merck (untuk Test Kit Formalin) digunakan sebagai PEMBANDING UTAMA untuk melihat tingkat AKURASI dari produk test kit yang dicoba.

Saya tidak akan menyebut merk produk test kit lain yang digunakan sebagai pembanding pengujian. Tapi produk merk lokal salah satu yang saya ujikan adalah produk Test Kit dengan merk Easy Test (ET) Kit.

Pengujian Test Kit Formalin

Dari hasil pengujian Test Kit Formalin yang saya lakukan menunjukkan bahwa KONTROL POSITIF bahan uji yang mengandung FORMALIN sampai konsentrasi 2 ppm masih dpat terdeteksi pada produk Test Kit dari Merck dan ET Kit. Indikasi terlihat dari terbentuknya warna UNGU pada sampel cair yang diujikan. Pada konsentrasi yang lebih KECIL, butuh waktu lebih dari 6 jam untuk melihat perbedaan warna antar BLANKO dan KONTROL.

Untuk produk lain, warna kuning yang terbentuk pada bahan uji BLANKO (kosong) dan yang POSITIF (2-5 ppm) menjadi sulit dibedakan, karena warna KUNING yang terbentuk antara KONTROL dan BLANKO menjadi SULIT DIBEDAKAN.

Pengujian Test Kit Boraks

Dari hasil pengujian Test Kit Boraks, saya melihat bahwa hampir semua produk Test Kit LOKAL untuk produk ini menggunakan prinsip pengujian yang SAMA sehingga, hasil yang didapatkan pun cenderung sepadan. Mungkin faktor HARGA dapat menjadi faktor yang dapat dipilih untuk memesan produk Test Kit Borak.

Hampir semua produk Test Kit Boraks yang dicoba dapat memberikan indikasi positif pada SAMPEL CAIR dengan konsentrasi 50 ppm. Sementara pada sampel PADAT kecenderungan baru terdeteksi pada kisaran konsentrasi 100 ppm.

Pertimbangan Faktor HARGA

Jika menimbang faktor HARGA, maka pilihan TERMURAH jatuh pada Produk Test Kit dengan merk Easy Test (ET) Kit, sampai akhirnya penulis ikut memasarkan produk tersebut karena faktor ini, hehehe....

Untuk Anda yang masih bingung dengan panduan yang ada, Easy Test (ET) Kit menyediakan link VIDIO YOUTUBE Cara Pengujian Cepat untuk pengujian Formalin, Boraks, Metanil Yellow, dan Rhodamine B. Vidio cara penggunaan test kit lainnya dapat dilihat di Youtube dengan link sebagai berikut,
  1. Vidio Tutorial Test Kit Formalin
  2. Vidio Tutorial Test Kit Boraks
  3. Vidio Tutorial Test Kit Metanil Yellow
  4. Vidio Tutorial Test Kit Rgodamine B

Pemesanan Produk Test Kit Formalin:

Pemesanan Produk Test Kit Boraks:

Jika ada pertanyaan sekitar produk Test Kit dengan merk Easy Test (ET) Kit, Anda dapat menghubungi saya via email di waksunar@gmail.com.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon